Agar Persahabatan Tetap Langgeng

Mempunyai sahabat adalah hal yang utama, lantaran juga sebagai makhluk sosial kita pasti memerlukan orang lain. Begitupula dengan persahabatan, yang bakal memeberikan arti sewaktu susah ataupun suka.

Berikut ini alasan kenapa beberapa besar orang memerlukan sahabat. Persahabatan yang baik yaitu persahabatan yang penuh dengan ketulusan, keseimbangan pada berikan serta menerima ap adanya.

Sebagian persahabatan dapat datang serta pergi dengan demikian mudahnya dalam kehidupan kita. Untuk memelihara persahabatan bukanlah satu hal yang sulit dikerjakan, dengan catatan masing-masing mesti mempunyai pemikiran yang luas

Agar Persahabatan Tetap Langgeng



1. Kirim pesan atau catatan

Usaha ini sangat mudah dilakukan. Apalagi semua komunikasi elektronik dan jejaring sosial seperti facebook, twitter, yahoo messenger, blackberry message, dan lainnya menjadi cara alternatif bagi kita dalam memberikan catatan kecil yang mengesankan untuk sahabat.

Tidak perlu juga mengirim pesan terus menerus sepanjang waktu. Yang penting kita mencari kesempatan untuk momment yang tepat, agar lebih berkesan bagi sahabat. Contohnya seperti ucapan selamat, ucapan terimakasih, ucapan simpati, atau sebuah pesan untuk memberikan dorongan dan semangat.

Bila cara ini dilakukan secara teratur dengan teman-teman, maka teman bisa saja menilai bahwa kita tulus.

2. Telepon sahabat

Kalau hanya mengirim pesan lewat media elektronik saja, rasanya kurang lengkap. Teleponlah sahabat, tidak perlu menelepon lama. Hanya beberapa menit setiap bulan bisa memberikan kesan yang berbeda dalam persahabatan kita.

3. Proaktif dalam menghubungi sahabat

Pada saat mereka ada masalah, saat ada kerjaan berat, banyak sekali kebiasaan menelepon sahabat hanya ketika mereka membutuhkan sesuatu. Hal ini memberikan kesan seolah-olah mereka tidak peduli akan sahabat mereka.agar persahabatan langgeng

Meminta bantuan pada seorang sahabat memang tidak salah, namun hendaknya bahwa kita aktif dalam memelihara persahabatan terlebih dahulu.

4. Mengajak makan atau nongkrong

Tidak harus setiap hari. 2 minggu sekali atau sebulan sekali, ajaklah sahabat untuk pergi makan, ataupun hanya sekedar nongkrong.

Dari langkah ini, kita juga dapat melakukan percakapan-percakapan ringan maupun sekedar cerita hari-hari si sahabat. Disitulah peran kita menjadi pendengar yang baik.

5. Berikan hadiah bermakna

Memberikan hadiah pada sahabat tidak harus mahal dan mewah. Terkadang dengan hadiah yang sederhana namun bermakna, justru akan menimbulkan kesan yang istimewa.

Contohnya sesuatu benda yang dapat memicu kenangan kita dan sahabat, makanan kesukaannya buatan sendiri, atau item buatan sendiri, dan masih banyak lagi.

6. Sharing

Orang yang sering melakukan sharing konflik biasanya memiliki persahabatan yang lebih sehat daripada mereka yang tidak pernah sharing atas konflik masing-masing. Membicarakan konflik yang sedang dialami dan mencari solusi terbaik, merupakan kemungkinan kecil pecahnya persahabatan.

Sebaliknya, jika ada konflik namun hanya diam dan “ngomong dibelakang”, justru kebencian akan mulai mengambil alih hubungan persahabatan. Rugi saja rasanya kalau persahabatan harus hancur karena konflik kecil yang tidak teratasi.

Sekecil apapun konfliknya, berusahalah untuk membicarakannya pada sahabat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Agar Persahabatan Tetap Langgeng

0 komentar:

Post a Comment