Pengertian Internet


Pengertian internet - Internet adalah Interconnection Networking yang artinya hubungan berbagai komputer dan berbagai tipe atau platform komputer yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, wireless, dan teknologi satelit.

Sejarah Internet

Pada tahun 1969, lembaga riset departemen pertahanan amerika atau DARPA (defence advance research project agency) mendanai sebuah proyek untuk mengembangkan jaringan komunikasi data antar beberapa komputer. Pengembangan jaringan tersebut sukses dan melahirkan ARPNet. Pada tahun 1972, organisasi ini kemudian mendemonstrasikan didepan peserta The First International Conference on Computer Communication dengan jaringan yang terpasang sebanyak 40 titik (node).

Tunuan awal dibangunnya proyek tersebut sebenarnya adalah untuk keperluan militer. Departemen Pertahanan Amerika menggunakannya untuk menghubungkan daerah daerah yang vital agar bisa terhubung untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan gangguan keamanan lainnya.

Aplikasi internet yang pertama kali ditemukan adalah FTP (File Transport Protokol) yang merupakan sebuah cara yang digunakan untuk mengirimkan atau mentransfer file. Pada tahun 1984, jumlah host di internet lebih dari 1000 buah. Pada tahun itu pula diperkenalkan DNS (Domain Name Server) yang digunakan untuk mengganti atau mendefinisikan suatu IP (Internet Protokol) agar lebih mudah diingat.

Tahun 1986, lembaga ilmu pengetahuan nasional Amerika Serikat, NSF (National Science Foundation) mendanai pembuatan jaringan TCP/IPyang didanai oleh organisasi NSFNet.

Jaringan ini kemudian digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer dan memungkinkan terhubungnya universitas-universitas di Amerikadengan kecepatan sebesar 56 kbps. Jaringanini menjadi embrio berkembangnya internet sampai saat ini.

Pada tahun 1957, berdirilah sebuah ISP (Internet Service Provider) yang diberi nama UUNet yang saat ini merupakan provider utama internet.

Pada tahun 1995, perkemvangan internet semakin meluas. Hal ini ditandai dengan hadirnya berbagai penyedia jasa internet (ISP). SFNet yang telah lama menjadi tulang punggung internet kembali menjadi jaringan untuk keperluan riset.

Karena perubahan ini, lalulintas data yang melalui Amerika dialihkan ke jaringan tulang punggung penyedia jasa internet. Sementara NSFNet mengembangkan jaringan berkecepatan sangat tinggi yang menghubungkan lima pusat komputer super. Jaringan tersebut diberi nama VBNS (Very High Speed Backbone Network Service) dengan kecepatan 622 Mbps (OC-2).
Published with Blogger-droid v2.0.6

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Internet

0 komentar:

Post a Comment